ORGANISASI JEMAAT KRISTUS (4)

Para Pelayan Jemaat Perjanjian Baru

Tuhan Yesus Kristus telah menetapkan pelayan-pelayan yang diberi tugas tertentu. Lihat Efesus 4:11; I Korintus 12:28-30; Roma 12:6-8; Kisah Para Rasul 14:23; 6:3-6. Saya tahu mungkin untuk mencapai ukuran ini bagi jemaat setempat sekarang adalah sulit. Tetapi bagaimanapun juga kita harus mengetahuinya.

Mari kita lihat pelayan-pelayan jemaat ini. Mereka dapat melayani karena masing-masing diberi karunia rohani dari Tuhan. Pelayan-pelayan terpenting dan yang paling jelas disebut ialah:

Rasul. Kata “rasul” berarti seorang yang diutus.
Tuhan Yesus sendiri disebut sebagai rasul. Ia adalah rasul tertinggi (Ibrani 3:1). Setelah itu ada 12 rasul Kristus. Kedua belas rasul ini adalah suatu angkatan yang sangat khusus. Tidak ada orang lain dapat masuk lagi kedalamnya (Kisah Para Rasul 1:26).

Paulus memang seorang rasul yang dipanggil secara istimewa oleh Tuhan. Tetapi ia bukan termasuk ke dalam ke 12 rasul tadi. Sedikitnya ada enam orang dalam Perjanjian Baru yang disebut rasul. Barnabas,Silas, Timotius, dan beberapa orang lain lagi.

Pada zaman sekarang – walaupun rasuli dalam arti ke-12 rasul khusus itu tidak dilanjutkan – pekerjaan rasuli masih terus dijalankan. Ada orang-orang yang dilengkapi dengan karunia-karunia, diutus oleh Tuhan Yesus untuk mendirikan dan mengatur jemaat-jemaat. Ini pekerjaan rasuli.

Nabi. Lihat Kisah Para Rasul 11:27; 15:32; I Korintus 14:3.
Tugas seorang nabi tidak hanya bernubuat mengenai hal-hal yang akan datang. Malahan tidak selalu begitu. Tetapi ia menyampaikan firman yang amat sesuai dengan kebutuhan jemaat. Yudas dan Silas dalam Perjanjian Baru disebut nabi.

Apa yang mereka kerjakan? Mereka menasehati dan menguatkan hati orang-orang Kristen.
Saya percaya seorang nabi diberi suatu wahyu oleh Roh Kudus untuk mengetahui keadaan jemaat itu dan menyampaikan Firman Allah yang tepat untuk keadaan itu. Memang dewasa ini kita jarang melihat ada nabi dalam jemaat setempat. Nabi selalu memberikan firman yang tepat dengan kebutuhan jemaat. Ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, ia menasehati, ia menghibur.

Penginjil. Dalam Efesus 4:11, pemberita Injil disebut di bawah rasul dan nabi, tetapi di atas pendeta (gembala) dan mengajar (guru).

Pemberita Injil ialah seorang yang diberi karunia khusus dengan panggilan utama menginjil dan memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus. Seorang penginjil tahu menarik jiwa kepada Kristus.

Dalam Kisah Para Rasul 21:8 Filipus disebut penginjil. Pekerjaan Filipus memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus juga diceritakan dalam Kisah Para Rasul pasal 8. Itu tugas utama seorang penginjil: memenangkan jiwa.

Penginjil memberitakan YESUS (Kisah Para Rasul 8:35). Kemana saja ia pergi, ia memberitakan Injil Yesus Kristus kepada orang di situ. Ia tidak mendirikan jemaat-jemaat, ia tidak menetapkan ketua-ketua, tetapi ia pergi terus ---didorong oleh Roh Tuhan --- memberitakan Injil.

Itu tugasnya. <>