DEFINISI JEMAAT YESUS KRISTUS (2)

Asal Usul Istilah Sidang Atau Jemaat : Ekklesia

Kata sidang atau jemaat berasal dari mana? Alkitab Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani (Gerika). Di sana terdapat istilah Yunani: ekklesia. Kata inilah yang diterjemahkan menjadi sidang atau jemaat.

Kata ekklesia dipakai sebanyak 115 kali dalam Perjanjian Baru. Kebanyakan mengenai sidang jemaat setempat. Tetapi kira-kira 20 kali dipakai secara lebih luas, mencakup himpunan umum dari orang-orang di mana-mana.

Misalnya, ketika Yesus berkata: “Aku akan mendirikan jemaatKu(=ekklesiaKu),” di sini kata ekklesia berarti himpunan umum dari orang-orang di segala tempat, bukan hanya jemaat di Yerusalem atau di Antiokhia saja. Berarti jemaat di seluruh dunia adalah jemaatNya Kristus.

Apabila ada pendeta atau orang yang berani berkata, “Ini gereja saya!” harap dia berhati-hati! Siapa yang mempunyai jemaat (gereja)? Kristus! Tidak ada seorangpun yang memiliki jemaat kecuali Kristus sendiri. Yesus berkata : JemaatKu.

Apakah artinya kata ekklesia? Artinya indah sekali! Kata ekklesia berarti “orang-orang yang dipanggil keluar.” Kata ekklesia tidak pernah berarti bangunan atau aliran. Kata ini selalu berarti orang-orang.

Tuhan Yesus tidak terlalu tertarik dengan bangunan-bangunan bagus yang dibangun dengan biaya besar. Yesus berurusan dengan hati manusia, dengan jiwa orang. Allah yang mengatakan mengasihi isi dunia – bukanlah mengasihi gunung, laut, danau, binatang, atau bintang di cakrawala sekalipun – adalah mengasihi manusia. Mengasihi orang-orang.

Ekklesia adalah orang-orang. Dan mereka adalah orang-orang yang dipanggil oleh Allah (Roma 8:29,30). Misalnya gubernur hendak berjumpa dengan rakyat di suatu desa, maka seluruh penduduk desa itu dipanggil untuk berhimpun.

Allah memanggil semua orang. Ini kita sebut panggilan Allah. Tetapi belum semua mendengar panggilan Allah, dan tidak semua mau datang kepada panggilan Allah. Supaya semua orang di dunia bisa mendengar panggilan ini, kita bertanggung jawab menyebar luaskan panggilan ini. Itulah sebabnya Alkitab berkata bahwa mereka dipanggil melalui pemberitaan Injil (II Tesalonika 2:14).

Orang-orang ini dipanggil keluar. Semua orang dipanggil, tetapi hanya sebagian yang mau keluar. Keluar dari apa? Keluar dari dosa, keluar dari hidup yang sia-sia, keluar dari kegelapan rohani, keluar dari hukuman kekal, dan lain-lain. I Petrus 2:9 mengatakan bahwa kita dipanggil untuk keluar dari kegelapan kepada terang Allah.

Jadi, sekarang kita sampai pada sebuah definisi. Sidang jemaat Kristus adalah suatu himpunan istimewa yang terdiri dari orang-orang yang mendengar dan menurut panggilan Allah. Mereka bertobat dari dosa, percaya kepada Yesus Kristus, dilahirkan kembali oleh Roh Suci, dan sekarang sebagai milik Allah mereka hidup dalam kesucian. Tanah air mereka ada di sorga (Roma 1:6,7; Efesus 5:25-28; Filipi 3:20).

Apakah saudara sudah mendengar panggilan Allah?
Apakah saudara sudah bertobat?
Apakah saudara sudah percaya kepada Yesus Kristus?
Apakah saudara sudah dilahirkan kembali oleh Roh Suci?

Mungkin nama saudara sudah terdaftar di salah satu gereja setempat – atau bahkan di sepuluh buah gereja – tetapi apakah nama saudara sudah terdaftar di sorga? Ini yang terpenting! <>