DEFINISI JEMAAT YESUS KRISTUS (1)

Tiga Istilah Yang Umum Dipakai

Apakah artinya jemaat Yesus Kristus?

Ada yang memakai istilah ‘gereja’. Misalnya, Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB), Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gereja Kristus Tuhan (GKT), Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPDI) dan lain-lain. Istilah ‘gereja’ di sini sebenarnya dipakai untuk menjelaskan aliran. Dalam arti aliran yang memiliki anggota dari beberapa ribu sampai beberapa ratus ribu orang.

Tetapi bisa juga berarti gedung atau tempat. Misalnya, banyak orang datang berbakti di gereja anu. Kata ‘gereja’ ini menurut kamus berasal dari kata Portugis, yang berarti gedung. Di dalam Alkitab sendiri tidak terdapat kata gereja. Dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru tidak ada kata gereja.

Dalam Alkitab bahasa Indonesia terjemahan lama, dipakai istilah ‘sidang’. Ini adalah istilah Indonesia yang berarti suatu himpunan. Gedung atau tempat dari tembok tidak pernah disebut sidang. Hanya himpunan orang-orang yang disebut sidang.

Lalu dalam Alkitab bahasa Indonesia terjemahan baru dipakai istilah ‘jemaat’. Kata ini berasal dari bahasa Arab, yang berarti suatu himpunan, rombongan, atau pertemuan. Jadi istilah ini juga tidak ditujukan kepada gedung atau tempat, melainkan kepada orang.

Ketika Yesus berkata bahwa Ia akan mendirikan jemaatNya (Matius 16:18), Ia tidak memaksudkan sebuah gedung besar yang megah. Tidak! Gedung bukan jemaat. Jemaat adalah orang-orang.

Pada masa kini istilah yang sering dipakai ialah ‘gereja’. Ini tidak apa-apa, asalkan artinya sungguh dimengerti. Kita boleh saja memakai kata gereja asal yang kita maksudkan bukan gedung atau aliran, melainkan orang. <>