LUKISAN JEMAAT KRISTUS (1)

Gembala Dan Domba-dombanya

Yesus adalah Gembala itu, dan jemaatNya adalah domba-dombaNya. Jadi di sini hubungan sidang jemaat dengan Kristus digambarkan sebagai satu kawanan domba dengan satu gembala (Yohanes 10:16). Arti yang terutama hendak dikemukakan dalam lukisan ini ialah pemeliharaan.

Gembala itu memelihara domba-dombaNya, yaitu memberikan makanan, minuman, perlindungan dan sebagainya. Domba boleh dikata binatang yang paling tak berdaya. Domba tidak dapat memelihara dirinya sendiri. Domba atau sekawanan domba memerlukan gembala.

Perjanjian Lama memberikan gambaran yang jelas dan indah sekali mengenai pemeliharaan gembala atas dombanya:

"Tuhan adalah gembalaku,
takkan kekurangan aku.
Ia membaringkan aku di padang
yang berumput hijau,
Ia membimbing aku ke air yang tenang;
Ia menyegarkan jiwaku.
Ia menuntun aku di jalan yang benar
oleh karena namaNya.
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman ,
aku tidak takut bahaya,
sebab Engkau besertaku;
gadaMu dan tongkatMu, itulah yang menghibur aku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku,
di hadapan lawanku;
Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak;
pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku,
seumur hidupku;
dan aku akan diam dalam rumah Tuhan,
sepanjang masa" (Mazmur 23).

Peranan Kristus bagi jemaatNya hari ini ialah sebagai Gembala. Ia disebut “gembala yang baik” (Yohanes 10:11), “gembala agung” (Ibrani 13:20). “penghulu gembala” (I Petrus 5:4, TL).

Selain memelihara domba-dombaNya, Kristus juga mencari dan mendapatkan domba yang hilang (Lukas 15:3-7, 19:10). Iapun memimpin domba-dombaNya, dan domba-dombaNya mengikut Dia (Yohanes 10:4).

Kepada semua domba-dombaNya, Yesus memberikan hidup kekal dan Ia menjamin bahwa keselamatan mereka aman & pasti untuk selama-lamanya! (Yohanes 10:28-29). <>